Rabu, 15 Mei 2013

All About Stand Up Comedy



Ben Elton, seorang pelawak tunggal Amerika Serikat

Lawakan tunggal atau komedi tunggal[1] (bahasa Inggris: Stand-up comedy, harfiah "komedi berdiri"), adalah salah satu genre profesi melawakyang pelawaknya membawakan lawakannya di atas panggung seorang diri, biasanya di depan pemirsa langsung, dengan cara bermonologmengenai sesuatu topik. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut pelawak tunggal (bahasa Inggris: stand-up comedian), komik, atau komik berdiri (komik tunggal). Lawakan mereka biasanya direkam dan kemudian dijual menjadi melalui DVD, internet, atau televisi.

Komedi tunggal biasanya dilakukan oleh satu orang (ada juga yang berbentuk grup), membawakan materi yang original atau dibuat sendiri (ada juga yang membawakan lawakan umum), dan biasanya dilakukan di kafe - kafe. Orang yang melakukannya dinamakan Stand Up Comedian,Stand Up Comic, atau hanya disebut Comic. Biasanya para Comic membawakan materi mereka dengan gaya monolog, walaupun ada beberapa jurus yang mengharuskan mereka berinteraksi dengan penonton.

Genre ini biasanya dibandingkan dengan lawakan berkelompok (grup lawak), seperti grup Srimulat dan Warkop DKI dari Indonesia, atau Monty Python dari Inggris.


Daftar isi [tampilkan]

Format Materi [sunting]

Yang dimaksud dengan Materi adalah bahan lawakan (jokes) yang dibawakan oleh para Comic yang biasanya mereka buat sendiri. Materi Stand Up Comedy harus berformat Set Up & Punchatau boleh menggunakan format lain seperti Rule of Three.
Set Up [sunting]

Set Up adalah bagian yang tidak lucu dari sebuah joke/bit. Set Up berfungsi untuk memancing penonton agar mereka penasaran. Saat mendengarkan Set Up suatu bit, penonton memikirkan 1st Story, yaitu bayangan atau pikiran penonton menganai Set Up suatu bit.

Contoh Set Up:

Saya ini suka sekali beli sepatu...
Punch [sunting]

Punch adalah bagian yang lucu dari sebuah joke/bit. Punch berfungsi untuk menyodorkan kejutan kepada penonton. Saat mendengarkan Punch suatu bit, penonton memikirkan 2nd Story, yaitu bayangan atau pikiran penonton menganai Punch suatu bit.

Contoh Punch:

...karena di mana - mana beli sepatu itu beli 1 gratis 1, beli yang kiri dapat juga yang kanan.

Contoh lengkap suatu Bit:

Saya ini suka sekali beli sepatu karena di mana - mana beli sepatu itu beli 1 gratis 1, beli yang kiri dapat juga yang kanan.
Rule of Three [sunting]

Rule of Three yaitu format suatu bit yang memberi tiga contoh sesuatu, tetapi contoh yang ketiga adalah Punch.

Contoh Rule of Three:

Setiap kali bertemu perempuan saya selalu ingin memandangi, memeluk,...

Punch-nya:

...lalu menamparnya.
Hal Wajib Yang Harus Dilakukan Comic [sunting]
Don't Try To Be Funny [sunting]

Maksudnya yaitu biarlah penonton menertawakan materi yang dibawakan, bukan menertawakan Comic-nya. Jadi Comic tidak boleh melucu - lucukan dirinya seperti memakai pakaian yang aneh, berlagak latah, gagap, dan sebagainya.
Don't Tell Street Jokes [sunting]

Maksudnya yaitu Comic tidak boleh membawakan materi atau jokes yang sudah umum atau sudah pernah didengar orang banyak. Jadi Comic harus membawakan materi buatan dirinya sendiri. Biasanya Stand Up Comedian yang membawakan Street Jokes (sering disebut sebagai Joke Kodian) akan dipanggil Stand Up Kodian.
Don't Tell Stories [sunting]

Maksudnya yaitu Comic tidak boleh membawakan jokes yang terlalu panjang seperti cerita. Jadi Comic harus membawakan jokes yang singkat saja.
Be Serious [sunting]

Maksudnya yaitu Comic yang tampil harus terlihat serius, tidak "cengengesan" seperti kebanyakan pelawak. Itu karena Stand Up Comedy adalah komedi kelas atas.
Santai [sunting]

Seorang Comic juga harus santai, karena dengan begitu ia akan membawakan materinya dengan lebih mudah.
Stand Up Comedy Dalam Bentuk Grup [sunting]

Stand Up Comedy yang dilakukan oleh sebuah grup berbeda dengan Stand Up Comedy yang dilakukan seorang diri. Grup Stand Up Comedy juga sangat berbeda dengan grup lawak yang biasa kita lihat. Dalam Stand Up Comedy Grup, setiap anggota grup (Comic) harus membawakan lengkap satu bit atau boleh lebih. Lalu anggota yang lainnya juga membawakan bit berikutnya yang berkesinambungan dengan bit yang dibawakan oleh anggota sebelumnya. Pembagian bit ini juga harus berkeseimbangan.

Ini berbeda dengan grup lawak dimana harus ada anggota yang memancing anggota lainnya agar bisa menimbulkan tawa. Dalam Stand Up Comedy Grup, setiap anggota harus bisa menimbulkan tawa tanpa harus dipancing oleh anggota lainnya. Inilah kesulitan dalam Stand Up Comedy Grup sehingga jarang ditemui Grup Stand Up Comedy di Indonesia.
Pelawak tunggal terkenal [sunting]Dari Amerika SerikatRobin Williams, Jim Carrey, Jerry Seinfeld, Bill Cosby, Steve Martin, dan Rodney DangerfieldDari IndonesiaRaditya Dika, Mongol, Ernest Prakasa, Pandji Pragiwaksono, Ge Pamungkas, Ryan Adriandhy, Gilang Bhaskara, Boris Bokir, Insan Nur Akbar, Budi Kusumah, Mo Sidik, Asep Suaji, Topenk, Kemal Palevi, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar