Selasa, 11 Juni 2013

Seorang Sistem Analis

Seperti seorang polisi kita di tuntut untuk selalu siap siaga dan selalu tepat waktu dalam bekerja ,sama halnya juga seperti seorang Sistem Analis atau juga seorang Pengembang Sistem kita harus selalu sigap dan selali tepat waktu dalam bekerja , karena bagi seorang Sistem Analis efisiensi waktu dan keakuratan menjadi hal yang utama , karena kita selalu di dekatkan dengan "Masa Tenggang Waktu ( DeadLine )" perusahaan tersebut.Apa itu deadline ? , Deadline adalah suatu patokan atau tolak ukur waktu dalam hal pengerjaan suatu Project . Deadline juga dipake untuk mengukur se-efisien dan secepat apa pekerjaan kita semakin cepat dan rapih suatu pengerjaan semakin baik juga penilaiannya.
Bagaimana seorang Sistem Analis dan Pengembang Sistem bekerja dengan Deadline? ,kita bisa ambil contoh khasus seperti ini : Suatu Perusahaan A yang bergerak dalam bidang kesehatan masyarakat ( Klinik ) merasa  dalam hal pengaturan pasiennya masih sangat kurang , dikarenakan disaat pasien membeludak sulit untuk melayani pemberian resep , pengaturan jadwal dokter , dll . Mereka meminta seorang analis sistem untuk membantu membangun atau mengembangkan sistem klinik tersebut sebelum hari Libur Nasional , karena pada saat-saat seperti itu banyak sekali pasien yang akan berobat atau hanya memeriksa . Hal pertama yang dilakukan seorang sistem analis adalah Memeriksa dan melihat sistem tersebut , setelah itu menganalisa , di tahap ini seorang sistem analis tidak boleh terburu-buru dalam hal menganilisi, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian sebelum memberikan saran apakah sistem ini perlu di perbaiki atau di buat sistem yang baru.Dengan waktu yang sedikit dia harus bisa menyelesaikan project atau pekerjaanya tersebut , semakin lama dan ketidak rapihan pekerjaannya , semakin jelek pula pandangan orang tersebut kepada seorang sistem analis , tetapi sebaliknya semakin cepat dan rapih pengerjaannya semakin banyak orang yang merekomendasikan ke tempat yang lain.
Dari contoh khasus di atas kita bisa lihat , seorang sistem analis harus bisa membagi konsentrasi antara ketepatan dan kecepatan , pekerjaan seorang sistem analis bukan suatu yang gampang perlu kerja keras dan keuletan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar