Sabtu, 22 Juni 2013

Sequence Diagram

Sequence diagram adalah suatu diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek dan mengindikasikan komunikasi diantara obyek-obyek tersebut. Diagram ini juga menunjukkan serangkaian pesan yang dipertukarkan oleh obyek-obyek yang melakukan suatu tugas atau aksi tertentu. Obyek-obyek tersebut kemudian diurutkan dari kiri ke kanan, aktor yang menginisiasi interaksi biasanya ditaruh di paling kiri dari diagram.
Pada diagram ini, dimensi vertikal merepresentasikan waktu. Bagian paling atas dari diagram menjadi titik awal dan waktu berjalan ke bawah sampai dengan bagian dasar dari diagram. Garis Vertical, disebutlifeline, dilekatkan pada setiap obyek atau aktor. Kemudian lifeline tersebut digambarkan menjadi kotak ketika obyek melakukan suatu operasi , kotak tersebut disebut activation. Obyek dikatakan mempunyai live activation pada saat tersebut.
Pesan yang dipertukarkan antar obyek digambarkan sebagai sebuah anak panah antara activation box pengirim dan penerima. Kemudian diatasnya diberikan label pesan. Salah satu contoh sequence diagram digambarkan sebagai berikut.
Dalam program kali ini akan dibahas cara menggunakan sequence diagram,contoh kasusnya yaitu cara mendaftar kursus di Universitas Gunadarma.
  1. Langkah pertama yaitu membuka aplikasi Visual Paradigma for UML









Pada gambar diatas merupakan pilan awal dalam membuka aplikasi Visual Paradigma for UML,maka kita pilih Original Look And Feel dan klik tombol Finish
  1. Setelah aplikasi terbuka,kita pilih sequence diagram lalu klik kanan pilih Create Sequence Diagram maka akan berubah tampiloan seperti gambar di bawah ini
    1. Maka lembar kerja sequence diagram telah siap,dalam lembar kerja ini terdapat beberapa tool yang dapat digunakan
    Select berguna untuk menonaktifkan tools yang sedang digunakan
    Point eraser digunakan untuk menghapus tool yang ingin dihapus
    Constraints digunakan untuk menyambungkan hubungan timba balik
    Object digunakan sebagai objek dalam sequence diagram
    Actor digunakan sebagai pelaku dalam sequence diagram
    Message digunakan sebagai penghubung antara  objek dengan objek  maupun objek dengan actor
    Penjelasan tools diatas hanyalah bebrapan,hanya tools yang digunakan dalam membuat sequene diagram yang akan dibahas dalam laporan ini
  2. Langkah selanjutnya yaitu membuat cara mendaftarkan kursus dengan menggunakan sequence diagram

Komentar :
Menurut saya ini lebih kearah praktek langsungnya , andaikan terdapat pembahasan secara terperinci Sequence Diagram , maka informasi yang di berikan juga akan lebih lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar