Selasa, 12 November 2013

Dasar-Dasar Keamanan Komputer

Dasar Pemikiran Keamanan Komputer

  • Agar dapat mengamankan sistem  komputer dengan benar kita harus tahu karakteristik pengganggu  yang mungkin akan mendatangi  sistem komputer kita . Kata aman dapat di definisikan  sebagai  terhindar dari serangan atau kegagalan . Jadi ada beberap ancaman yang dapat mengacaukan sistem, yang sering tanpa kita sadari telah di kelilingi oleh berbagai bentuk ancaman. Suatu sistem baru dapat di katakan aman apa bila dalam segala keadaan, sumber daya yang digunakan dan yang di akses adalah sesuai yang di kehendak pengguna. Sanyangnya tidak ada satu sistem komputerpun memiliki sistem keamanan yang sempurna.
  • Oleh sebab itu setidaknya kitan harus mempunyai suatau mekanisme tertentu yang dapat mencehag terjadinya pelanggaran pada sistem komputer kita. Berdasarkan hasil riset dan survai serta berbagai laporan tentang kejahatan komputer yang terjadi dewasa ini, telah diketahui bahwa saat ini tidsk ada satupun jaringan komputer yang dapat diasumsikan 100% aman dari serangan virus, spam, e-mailbomb, ataupun diterobos langsung oleh para hacker.
  • Banyak hacker berpengalaman yang dapat dengan mudah melakukan hacking,memasuki jaringan komputer yang menjadi targetnya . Mereka sama sekali tidak terhambat meskipun jaringan yang mereka tuju sudah mempunyai sistem pengaman yang dianggap baik oleh pemiliknya. Bahkan banyak sekali web site Internet yang menyebarkan informasi tentang bagaimana menembus jaringan komputer(penetrated) dan mengelabui sistem pengamanannya (security compromised). Informasi tersebut tersedia dalam bentuk kumpulan program, domukentasi, dan juga utilitas. 
Mengapa kita memerlukan keamanan sistem?

  • Banyak pertanyaan yang mungkin timbul di dalam pikiran kita mengapa kita membutuhkan keamanan, seberapa aman, atau apa yang hendak kita , indungi, seberapa penting data kita sehingga  kita perlu memusingkan diri dengan masalah keamanan?
Di dalam dunia global dengan komunikasi data yang berkembang pesat dari waktu ke waktu, dengan koneksi internet yang semakin murah, masalah keamanan ternyata masih sering luput dari perhatian pemakai komputer meskipun sebenarnya masalah itu sudah menjadi isu yang sangat serius. 
Bagi banyak pihak, keamanan data telah menjadi kebutuhan dasar mengingat semakin rentannya penggunaan jaringan global itu. Sebagai contoh, memindahkan data dari titik A ke titik B di internet, data harus melalui beberapa titik lain selama dalam perjalanan, yang membuka keempatan bagi orang lain untuk memotong ataupun mengubah data itu bahkan bukan penguna lain pada sistem dapat mengubah data anda menjadi sesuatu yang tidak anda inginkan. Akses kesistem anda, meskinpun tidak anda ijinkan, mungkin dapat di lakukan oleh penyusup, yang juga di kenal sebagai cracker, yang kemudian menggunakan keahliannya untuk berpura-pura menjadi Anda, atau bahkan menolak akses Anda kesumber daya Anda sendiri.
 
Sumber : http://keamananansistem.blogspot.com/2012/12/dasar-pemikiran-keamanan-komputer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar