Minggu, 05 Januari 2014

Pentingnya E - Learning

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi yang ada pada saat ini, maka diperlukanlah sebuah Sistem Pembelajaran E-learning guna untuk membantu para guru untuk memberikan layanan dan pengajaran kepada para siswa tanpa harus berhadapan atau bertatap muka langsung dengan siswa.

Dengan kata lain para siswa tidak harus duduk manis di dalam ruangan kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung dan para guru juga dapat mengontrol kegiatan belajar peserta didiknya.

E-learning mempermudah siswa untuk dapat memperoleh informasi dan pengetahuan secara langsung di dalam lingkup yang cukup luas dan tepat dari berbagai sumber melalui sebuah komputer dan jaringan internet serta dapat membantu para siswa untuk saling bertukar informasi dan bahan ajar setiap saat dan dimana saja  secara berulang-ulang.

Dengan adanya Teknologi Informasi yang berbasis E-learning ini juga diharapkan agar dapat mempersingkat waktu pembelajaran dan membuat biaya studi jadi lebih ekonomis serta membantu interaksi antara guru dan siswa lebih terbuka dan lebih nyaman.

Begitu juga antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya. Tidak hanya melalui hubungan tatap muka secara langsung saja tetapi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media yang berbasis E-learning tersebut.

Perkembangan media Pengajaran berbasis E-learning ini telah berkembang dalam beberapa model pembelajaran seperti: Teleconferencing, Computer Based Training (CBT), Computer Based Information System (CBIS), dan sebagainya.

Selain dapat mengembangkan diri dan kreativitas para siswa hadirnya E-learning juga dapat membuat siswa melakukan penelitian guna meningkatkan wawasan dan pengetahuan, Pembelajaran E-learning juga memiliki kemasan berbentuk CD yang dapat berjalan dalam PC standolone.

Sistem E-learning ini merupakan sebuah sitem menggunakan komputer dan jaringan internet dengan kemampuan memperbarui, menyimpan, mendistribusikan dan membagi materi pengajaran atau informasi.

E-learning juga dapat saling mengirimkan data ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan jaringan internet yang standar, yang menjadi ciri khas dari E-learning itu sendiri ialah hilangnya interaksi langsung antara guru dan para siswa.

Sumber : http://palembang.tribunnews.com/2012/12/18/pentingnya-e-learning-di-dunia-pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar