Kamis, 01 Mei 2014

Urang Dulur Sadayana

Urang dulur salawasna adalah ungkapan bahasa sunda yang berarti kita saudara selamanya. Menurut saya ini adalah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan betapa erat dan kompaknya rekan-rekan peserta BTB sebelum dan setelah acara, ya walaupun acara baru sepekan berlalu tapi diantara mereka telah melakukan komunikasi secara intensif.
Sosial media seperti twitter, path, facebook, dan bbm. Menjadi ajang silaturahmi antar rekan BTB, dari sekedar menanyakan kabar, berbagi informasi, atau menawarkan tempat singgah untuk rekan BTB yang ingin berkunjung ke daerahnya untuk mendaki atau hanya sekedar berwisata.
Memang acara pendakian bersama ini menjadi ajang bersilaturahmi sesama pendaki baik yg berasal dari kota-kota di pulau Jawa, atau bahkan dari saudara kami di seberang pulau. Untuk mencari kawan, dan saudara baru, bahkan terkadang menjadi ajang cari jodoh antara sesama pencinta alam hehe.
Nah biasanya rekan BTB membahas tentang outdoor gear, atau membahas trip-trip berikutnya untuk dilaksanakan bersama rekan BTB atau rekan pendaki lain, yang tentu tak kalah mengasyikan. Dan tak lupa juga misi BTB saat melakukan pendakian yaitu untuk tetap menjaga kelestarian alam dengan membawa turun kembali sampah agar tak mencemari lingkungan.
Untuk rekan-rekan lain yang pernah membaca artikel saya sebelumnya mungkin sudah tau apa itu BTB, nah untuk rekan pembaca yg belum tahu tentang BTB, saya akan menjelaskan sedikit tentang BTB. BTB adalah singkatan dari 'bumi + trashbag = bersih' acara pendakian bersama sekaligus operasi bersih Gn.Gede-Pangrango yang diselenggarakan Bukos Adventure pada tanggal 18-20 april 2014 pekan lalu. Detail acara BTB bisa dibaca di harian Radar Bogor edisi 23 april 2014, di halaman radar kampus tepatnya. Acara ini juga dilaksanakan dalam memperingati Hari Bumi Internasional yang jatuh pada 22 april 2014 lalu.
Salah satu rekan BTB, mas Achmad 'cemet' Rizal dari Semarang, dan Bang Giant Palacubang dari Makassar baru saja menyelesaikan pendakian Gn.Ceremai Jawa Barat pada hari Sabtu 26 april 2014 kemarin, dan merencanakan pendakian Gn.Merbabu minggu selanjutnya. Ini adalah bukti, bahwa ikatan persaudaraan yang dijalin antar sesama kami begitu erat, dan harapan panitia Bukos sendiri akan berlanjutnya hubungan diantara kami peserta & panitia BTB setelah acara dapat terwujud.
Tak peduli suku bangsa manapun, dari etnis apapun, dari kota mana saja, walaupun rumah jauh di seberang pulau sana, yang kami tahu kami adalah anak bangsa, kami masih sama sebagai mahluk ciptaan Nya, kami Indonesia. Aku Indonesia !!!
Terimakasih Tuhan YME telah mempertemukan kami para pemberani.
Urang dulur salawasna, sanajan raga teu salilana aya di dunya, (Kita saudara selamanya, walaupun raga tak selamanya ada di dunia). #BTB
*) Untuk mereka yang tak bisa saya sebutkan satu-satu namanya, kita Indonesia :)
Ditulis oleh : Hari Angga S / @hariangga_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar